*
PENGUMUMAN
NOMOR : PENG/ /XI/2008
TENTANG
PENGADAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
LEMBAGA KETAHANAN NASIONAL RI
TAHUN ANGGARAN 2008
Lembaga Ketahanan Nasional RI membuka kesempatan bagi pelamar umum untuk mengikuti Seleksi Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Lemhannas RI dengan ketentuan dan persyaratan sebagai berikut :
I. KETENTUAN UMUM
1. Pelamar yang akan diterima dan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil sesuai dengan formasi yang dibutuhkan oleh Lemhannas RI meliputi kualifikasi pendidikan dan jenis jabatan/pekerjaan sebagai berikut :
PENGUMUMAN
NOMOR : PENG/ /XI/2008
TENTANG
PENGADAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
LEMBAGA KETAHANAN NASIONAL RI
TAHUN ANGGARAN 2008
Lembaga Ketahanan Nasional RI membuka kesempatan bagi pelamar umum untuk mengikuti Seleksi Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Lemhannas RI dengan ketentuan dan persyaratan sebagai berikut :
I. KETENTUAN UMUM
1. Pelamar yang akan diterima dan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil sesuai dengan formasi yang dibutuhkan oleh Lemhannas RI meliputi kualifikasi pendidikan dan jenis jabatan/pekerjaan sebagai berikut :
NO.
NAMA JABATAN
KUALIFIKASI PENDIDIKAN
KODE DIK
JUMLAH
1
2
3
4
5
1.
Perencana Pulta Kondisi Nilai Konstitusi
S1 Politik
1
2.
Perencana Kerjasama & Komunikasi
S2 Hubungan Internasional
1
3.
Perencana Evaluasi & Pengembangan
S2 Ekonomi Makro
1
4.
Pranata Komputer
S2 Teknologi Informatika
1
5.
Pranata Komputer
S1 Teknologi Komputer
2
6.
Pranata Komputer
S1 Teknologi Informatika
3
7.
Pranata Komputer
S1 Sistim Manajemen Informatika/Statistik
3
8.
Pranata Komputer
S1 Teknik Elektro
1
9.
Penerjemah
S1 Bahasa Inggris
1
1
2
3
4
5
10
Pranata Humas
S1 Hubungan Internasional/Komunikasi
1
11
Verifikator Keuangan
S1 Akuntansi
1
12
Pranata Komputer
D3 Teknik Komputer
1
13
Pranata Komputer
D3 Teknik Informatika
1
14
Teknisi Kelistrikan/Elektro
D3 Teknik Elektro
1
15
Apoteker
S1 Apoteker
1
JUMLAH
20
2. Kualifikasi pendidikan pelamar yang dibutuhkan sebagaimana tersebut di atas adalah berijazah Diploma III (D3), Sarjana (S1), dan Pasca Sarjana (S2), dengan ketentuan sebagai berikut :
a. Salinan/foto copy STTB dan Ijazah terakhir yang disahkan/dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang dengan ketentuan sebagai berikut :
1) Perguruan Tinggi Negeri disahkan oleh Rektor/Dekan/Ketua/ Direktur/Pembantu Dekan Bidang Akademis.
2) Perguruan Tinggi Swasta yang terakreditasi disahkan oleh Rektor/Dekan/Ketua/Direktur/Pembantu Dekan Bidang Akademis.
b. Ijazah dari Perguruan Tinggi Swasta yang diperoleh setelah berlakunya keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 184/U/2001 tentang Pedoman Pengawasan Pengendalian dan Pembinaan Program Diploma, Sarjana dan Pasca Sarjana di Perguruan Tinggi, yang belum mendapatkan izin penyelenggaraan dari Departemen Pendidikan Nasional harus mencantumkan Surat Keterangan/Pernyataan dari Pimpinan Perguruan Tinggi yang menyatakan bahwa fakultas/jurusan yang bersangkutan telah mendapat izin penyelenggaraan dari Departemen Pendidikan Nasional.
c. Lulusan Pendidikan dari luar negeri harus dilengkapi dengan surat penetapan pengesahan/penyetaraan dari Menteri Pendidikan Nasional.
d. IPK Minimum 2,7
II. PERSYARATAN PELAMAR
1. Warga Negara Republik Indonesia, baik pria maupun wanita.
2. Berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun pada tanggal 1 Januari 2009.
3. Tinggi badan laki-laki minimal 160 cm dan wanita minimal 155 cm.
4. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan sesuatu tindak pidana kejahatan.
5. Tidak berstatus sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil/Pegawai Negeri Sipil atau anggota TNI/Polri.
6. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai pegawai negeri, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri atau Pegawai Swasta.
7. Bagi pelamar yang bukan lulusan S2, S1 dan D3 Teknik Informatika dan Komputer harus melampirkan sertifikat komputer.
8. Berkelakuan baik dan sehat jasmani maupun rohani.
9. Bagi wanita tidak dalam keadaan hamil.
10. Tidak menjadi anggota dan atau pengurus partai politik.
11. Tidak Mempunyai tato/bekas tato dan tindik (kecuali tindik anting khusus wanita).
III. TATA CARA PENGAJUAN LAMARAN
1. Pendaftaran awal dilakukan melalui Web site Lemhannas, Formulir lamaran dapat di Down Load di www.lemhannas.go.id. Paling akhir tanggal “3 DESEMBER 2008 PUKUL 14.00 WIB” dengan mengisi data-data sebagai berikut :
a. DATA PELAMAR :
1) Nama Legkap :
2) Jenis Kelamin :
3) Tempat/Tanggal Lahir :
4) Alamat/Kode Pos :
5) No. KTP :
6) No. Telepon/HP :
b. PENDIDIKAN TERAKHIR :
1. Nama Sekolah :
2. Strata :
3. Fakultas/Jurusan :
4. IPK :
2. Formulir lamaran di kirim melalui Email dengan alamat :
a. penerimaanpns@lemhannas.go.id.
b. penerimaanpns@hotmail.com
3. Bagi pelamar yang memenuhi syarat akan diumumkan pada hari Jumat tanggal “5 DESEMBER 2008″ melalui Web site Lemhannas dengan alamat www.lemhannas.go.id. dan pemberian Nomor test akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal “6 DESEMBER 2008 PUKUL 08.00 WIB s.d SELESAI” di GOR Senen, Jl. Stasiun Senen Jakarta Pusat, dengan membawa berkas Asli dan Fotokopi rangkap 3 (tiga) masing-masing dimasukkan dalam map dengan urutan sbb :
a. Surat lamaran tulisan tangan sendiri memakai tinta hitam di atas kertas segel atau kertas biasa bermaterai Rp. 6.000,-
b. Formulir Lamaran (diisi dengan menggunakan huruf balok).
c. KTP.
d. Daftar Riwayat Hidup Singkat.
e. Pasfoto terbaru ukuran 3 x 4 sebanyak 5 (lima) lembar dan ukuran 4 X 6 sebanyak 5 (lima) lembar (berwarna dengan dasar merah).
f. Ijazah dan transkrip nilai (SD, SLTP, SLTA dan Perguruan Tinggi/Akademi) yang telah dilegalisasi maksimal 3 (tiga) bulan sebelum pendaftaran.
g. Akte Kelahiran yang telah dilegalisasi.
h. Kartu Tanda Pencari Kerja dari Depnaker yang telah dilegalisasi.
i. Surat Keterangan Catatan Kepolisian dari Kepolisian Resort setempat yang telah dilegalisasi.
j. Surat Keterangan Sehat dari dokter dengan melampirkan hasil pemeriksaan :
1) Surat Keterangan Bebas Narkoba
2) Darah rutin
2) Urine rutin
3) Kimia Darah (Fungsi Hati & Fungsi Ginjal)
4) EKG (dibaca dokter spesialis jantung)
5) Foto Thorax (dibaca dokter spesialis radiologi)
( Poin j di bawa pada saat pemeriksaan Kesehatan )
4. Nama harus ditulis lengkap beserta dengan gelar akademik.
5. Berkas lamaran dimasukkan ke dalam map folio dengan warna :
a. Merah untuk lamaran : S2
b. Kuning untuk lamaran : S1 Non Apoteker
c. Hijau untuk lamaran : S1 Apoteker
d. Biru untuk lamaran : D3
IV. TAHAPAN SELEKSI
1. Materi yang diujikan pada ujian saringan untuk diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil Lemhannas RI meliputi :
a. Tes tertulis.
1) Test Pengetahuan Umum (TPU): Pancasila, UUD 45, Politik, Ekonomi, Sosial dan Budaya, Sistem Administrasi Negara RI, Sistem Otoda, Sejarah Kebangsaan, Sistem Pertahanan Negara.
2) Test Bakat Skolastik (TBS): Mengukur potensi seseorang dalam belajar berdasarkan penalaran verbal, penalaran kuantitatif dan penalaran analisis.
3) Hukum ( Norma Hukum, Azas Hukum dan Supermasi Hukum )
b. Seleksi Kesehatan.
c. Seleksi Administrasi meliputi kelengkapan berkas persyaratan umum maupun khusus
d. Seleksi Wawancara.
2. Waktu dan Tempat pelaksanaan seleksi akan diberitahukan pada saat pengambilan Nomor Ujian.
3. Peserta seleksi.
a. Peserta yang berhak mengikuti ujian adalah pelamar yang telah terdaftar dan memiliki nomor ujian dari Panitia.
b. Peserta memakai baju putih celana gelap dan bersepatu.
c. Peserta Seleksi harus mematuhi peraturan tata tertib yang telah ditentukan.
VI. LAIN-LAIN
1. Tidak Ada pungutan biaya apapun dalam pelaksanaan Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Lemhannas RI.
2. Lemhannas RI tidak bertanggungjawab atas pungutan atau tawaran berupa apapun oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan Lemhannas atau Panitia, sehingga peserta diharapkan tidak melayani tawaran untuk mempermudah penerimaan sebagai CPNS Lemhannas RI.
3. Hal-hal lain yang bersifat teknis dan belum tertuang dalam ketentuan ini akan ditentukan kemudian.
NAMA JABATAN
KUALIFIKASI PENDIDIKAN
KODE DIK
JUMLAH
1
2
3
4
5
1.
Perencana Pulta Kondisi Nilai Konstitusi
S1 Politik
1
2.
Perencana Kerjasama & Komunikasi
S2 Hubungan Internasional
1
3.
Perencana Evaluasi & Pengembangan
S2 Ekonomi Makro
1
4.
Pranata Komputer
S2 Teknologi Informatika
1
5.
Pranata Komputer
S1 Teknologi Komputer
2
6.
Pranata Komputer
S1 Teknologi Informatika
3
7.
Pranata Komputer
S1 Sistim Manajemen Informatika/Statistik
3
8.
Pranata Komputer
S1 Teknik Elektro
1
9.
Penerjemah
S1 Bahasa Inggris
1
1
2
3
4
5
10
Pranata Humas
S1 Hubungan Internasional/Komunikasi
1
11
Verifikator Keuangan
S1 Akuntansi
1
12
Pranata Komputer
D3 Teknik Komputer
1
13
Pranata Komputer
D3 Teknik Informatika
1
14
Teknisi Kelistrikan/Elektro
D3 Teknik Elektro
1
15
Apoteker
S1 Apoteker
1
JUMLAH
20
2. Kualifikasi pendidikan pelamar yang dibutuhkan sebagaimana tersebut di atas adalah berijazah Diploma III (D3), Sarjana (S1), dan Pasca Sarjana (S2), dengan ketentuan sebagai berikut :
a. Salinan/foto copy STTB dan Ijazah terakhir yang disahkan/dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang dengan ketentuan sebagai berikut :
1) Perguruan Tinggi Negeri disahkan oleh Rektor/Dekan/Ketua/ Direktur/Pembantu Dekan Bidang Akademis.
2) Perguruan Tinggi Swasta yang terakreditasi disahkan oleh Rektor/Dekan/Ketua/Direktur/Pembantu Dekan Bidang Akademis.
b. Ijazah dari Perguruan Tinggi Swasta yang diperoleh setelah berlakunya keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 184/U/2001 tentang Pedoman Pengawasan Pengendalian dan Pembinaan Program Diploma, Sarjana dan Pasca Sarjana di Perguruan Tinggi, yang belum mendapatkan izin penyelenggaraan dari Departemen Pendidikan Nasional harus mencantumkan Surat Keterangan/Pernyataan dari Pimpinan Perguruan Tinggi yang menyatakan bahwa fakultas/jurusan yang bersangkutan telah mendapat izin penyelenggaraan dari Departemen Pendidikan Nasional.
c. Lulusan Pendidikan dari luar negeri harus dilengkapi dengan surat penetapan pengesahan/penyetaraan dari Menteri Pendidikan Nasional.
d. IPK Minimum 2,7
II. PERSYARATAN PELAMAR
1. Warga Negara Republik Indonesia, baik pria maupun wanita.
2. Berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun pada tanggal 1 Januari 2009.
3. Tinggi badan laki-laki minimal 160 cm dan wanita minimal 155 cm.
4. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan sesuatu tindak pidana kejahatan.
5. Tidak berstatus sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil/Pegawai Negeri Sipil atau anggota TNI/Polri.
6. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai pegawai negeri, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri atau Pegawai Swasta.
7. Bagi pelamar yang bukan lulusan S2, S1 dan D3 Teknik Informatika dan Komputer harus melampirkan sertifikat komputer.
8. Berkelakuan baik dan sehat jasmani maupun rohani.
9. Bagi wanita tidak dalam keadaan hamil.
10. Tidak menjadi anggota dan atau pengurus partai politik.
11. Tidak Mempunyai tato/bekas tato dan tindik (kecuali tindik anting khusus wanita).
III. TATA CARA PENGAJUAN LAMARAN
1. Pendaftaran awal dilakukan melalui Web site Lemhannas, Formulir lamaran dapat di Down Load di www.lemhannas.go.id. Paling akhir tanggal “3 DESEMBER 2008 PUKUL 14.00 WIB” dengan mengisi data-data sebagai berikut :
a. DATA PELAMAR :
1) Nama Legkap :
2) Jenis Kelamin :
3) Tempat/Tanggal Lahir :
4) Alamat/Kode Pos :
5) No. KTP :
6) No. Telepon/HP :
b. PENDIDIKAN TERAKHIR :
1. Nama Sekolah :
2. Strata :
3. Fakultas/Jurusan :
4. IPK :
2. Formulir lamaran di kirim melalui Email dengan alamat :
a. penerimaanpns@lemhannas.go.id.
b. penerimaanpns@hotmail.com
3. Bagi pelamar yang memenuhi syarat akan diumumkan pada hari Jumat tanggal “5 DESEMBER 2008″ melalui Web site Lemhannas dengan alamat www.lemhannas.go.id. dan pemberian Nomor test akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal “6 DESEMBER 2008 PUKUL 08.00 WIB s.d SELESAI” di GOR Senen, Jl. Stasiun Senen Jakarta Pusat, dengan membawa berkas Asli dan Fotokopi rangkap 3 (tiga) masing-masing dimasukkan dalam map dengan urutan sbb :
a. Surat lamaran tulisan tangan sendiri memakai tinta hitam di atas kertas segel atau kertas biasa bermaterai Rp. 6.000,-
b. Formulir Lamaran (diisi dengan menggunakan huruf balok).
c. KTP.
d. Daftar Riwayat Hidup Singkat.
e. Pasfoto terbaru ukuran 3 x 4 sebanyak 5 (lima) lembar dan ukuran 4 X 6 sebanyak 5 (lima) lembar (berwarna dengan dasar merah).
f. Ijazah dan transkrip nilai (SD, SLTP, SLTA dan Perguruan Tinggi/Akademi) yang telah dilegalisasi maksimal 3 (tiga) bulan sebelum pendaftaran.
g. Akte Kelahiran yang telah dilegalisasi.
h. Kartu Tanda Pencari Kerja dari Depnaker yang telah dilegalisasi.
i. Surat Keterangan Catatan Kepolisian dari Kepolisian Resort setempat yang telah dilegalisasi.
j. Surat Keterangan Sehat dari dokter dengan melampirkan hasil pemeriksaan :
1) Surat Keterangan Bebas Narkoba
2) Darah rutin
2) Urine rutin
3) Kimia Darah (Fungsi Hati & Fungsi Ginjal)
4) EKG (dibaca dokter spesialis jantung)
5) Foto Thorax (dibaca dokter spesialis radiologi)
( Poin j di bawa pada saat pemeriksaan Kesehatan )
4. Nama harus ditulis lengkap beserta dengan gelar akademik.
5. Berkas lamaran dimasukkan ke dalam map folio dengan warna :
a. Merah untuk lamaran : S2
b. Kuning untuk lamaran : S1 Non Apoteker
c. Hijau untuk lamaran : S1 Apoteker
d. Biru untuk lamaran : D3
IV. TAHAPAN SELEKSI
1. Materi yang diujikan pada ujian saringan untuk diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil Lemhannas RI meliputi :
a. Tes tertulis.
1) Test Pengetahuan Umum (TPU): Pancasila, UUD 45, Politik, Ekonomi, Sosial dan Budaya, Sistem Administrasi Negara RI, Sistem Otoda, Sejarah Kebangsaan, Sistem Pertahanan Negara.
2) Test Bakat Skolastik (TBS): Mengukur potensi seseorang dalam belajar berdasarkan penalaran verbal, penalaran kuantitatif dan penalaran analisis.
3) Hukum ( Norma Hukum, Azas Hukum dan Supermasi Hukum )
b. Seleksi Kesehatan.
c. Seleksi Administrasi meliputi kelengkapan berkas persyaratan umum maupun khusus
d. Seleksi Wawancara.
2. Waktu dan Tempat pelaksanaan seleksi akan diberitahukan pada saat pengambilan Nomor Ujian.
3. Peserta seleksi.
a. Peserta yang berhak mengikuti ujian adalah pelamar yang telah terdaftar dan memiliki nomor ujian dari Panitia.
b. Peserta memakai baju putih celana gelap dan bersepatu.
c. Peserta Seleksi harus mematuhi peraturan tata tertib yang telah ditentukan.
VI. LAIN-LAIN
1. Tidak Ada pungutan biaya apapun dalam pelaksanaan Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Lemhannas RI.
2. Lemhannas RI tidak bertanggungjawab atas pungutan atau tawaran berupa apapun oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan Lemhannas atau Panitia, sehingga peserta diharapkan tidak melayani tawaran untuk mempermudah penerimaan sebagai CPNS Lemhannas RI.
3. Hal-hal lain yang bersifat teknis dan belum tertuang dalam ketentuan ini akan ditentukan kemudian.